Logo Kabupaten Morowali Utara

Logo Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali Utara merupakan Lambang Daerah yang telah ditetapkan melalui Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Morowali Utara No. 1 Tahun 2015.

Lambang Daerah tersebut berkedudukan sebagai tanda identitas Daerah Kabupaten Morowali Utara yang berfungsi sebagai pengikat kesatuan sosial budaya masyarakat Kabupaten Morowali Utara dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Berikut ini penjelasan mengenai arti dan makna dari Logo Daerah Kabupaten Morowali Utara :
BINTANG MERAH BERBENTUK BAHTERA :

Melambangkan semangat juang yang tinggi, sehingga mampu berlayar melewati segala bentuk tantangan hingga sampai pada tujuan, serta harapan dan cita-cita besar yakni Kabupaten Morowali Utara yang handal dan berdaya saing.


GAMBAR SEGI EMPAT HORISONTAL BERWARNA PUTIH BERTULISKAN “MOROWALI UTARA” :

Mengartikan Pemerintahan Kabupaten Morowali Utara harus dijalankan secara jujur, adil, bersih, berwibawa serta mampu memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat.

GAMBAR SUMPIT :

Merupakan senjata tradisional penduduk Daerah Swapraja Mori (Suku Wana), yang digunakan untuk melindungi dan mempertahankan diri. Mengartikan Kabupaten Morowali Utara senantiasa melestarikan nilai-nilai budaya asli Daerah.

GAMBAR RUMAH ADAT DENGAN 4 (EMPAT) TIANG PENYANGGA :


Mengartikan masyarakat Kabupaten Morowali Utara adalah masyarakat yang beretika dan berbudaya, memiliki adat istiadat dan agama yang berbeda, saling toleransi dan menghormati, membuka diri dan saling menerima perbedaan, menghargai budaya dan kearifan lokal serta musyawarah mufakat dalam menyelesaikan masalah.
4 (Empat) tiang penyangga mengartikan dalam melaksanakan Otonomi Daerah, Kabupaten Morowali Utara senantiasa akan berpijak di dalam 4 (empat) pilar kebangsaan yaitu : Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika.
3 (tiga) anak tangga mengartikan 3 (tiga) unsur yang saling bersinergi di dalam masyarakat jamak/plural yaitu : Pemerintah, Agama (Tokoh Agama) dan Adat (Toko Adat).

GAMBAR PEDANG DAN PERISAI (Ponai dan Kanta) :



Melambangkan patriotisme, rela berkorban (mengutamakan kepentingan masyarakat dan daerah di atas kepentingan pribadi dan golongan) mempertahankan nilai-nilai histroris sejarah dan budaya, rasa memiliki terhadap Daerah serta bangga sebagai masyarakat Kabupaten Morowali Utara.
Warna Hitam melambangkan kepahlawanan.
Warna Merah melambangkan semangat kecintaan, kekuatan dan keberanian.

GAMBAR PADI DAN KAPAS :


Mengartikan simbol kemakmuran sbagai harapan masyarakat untuk hidup makmur dan sejahtera.

Padi berjumlah 23 bulir dan Kapas berjumlah 10 buah mengartikan tanggal dan bulan hari jadi Kabupaten Morowali Utara.

GAMBAR PITA PUTIH BERTULISKAN “TEPO ASA AROA” :


Pita Putih mengartikan masyarakat Morowali Utara, memiliki semangat kekeluargaan dan persaudaraan yang tinggi serta ketulusan hati yang murni.
TEPO ASO AROA, mengartikan sehati sepikir (satu kata, satu tekad dan satu tujuan) serta merasa senasib dan sepenanggungan dalam membangun dan mewujudkan Kabupaten Morowali Utara yang makmur dan sejahtera.


GAMBAR SEGITIGA BERWARNA PUTIH DAN HIJAU :
Segitiga berwarna Hijau mengartikan Kabupaten Morowali Utara merupakan Daerah hutan dan pegunungan, memiliki hutan lindung/cagar alam yang terkenal akan flora dan faunanya, serta hasil hutan yang berlimpah sebagai modal pembangunan Daerah.

Segitiga berwarna Putih mengartikan Kabupaten Morowali Utara akan selalu bercahaya (berseri) serta penuh kedamaian.

Salah satu kebanggaan Kabupaten Morowali Utara adalah memiliki lautan yang teduh dengan Teluk Tolo dan Teluk Tomori, panorama Batu Payung yang indah sebagai salah satu objek wisata laut dan menyimpan keanekaragaman jenis kekayaan laut yang melimpah sebagai sumber komoditas unggulan dari sektor perikanan dan kelautan, serta pariwisata sebagai penunjang program pembangunan Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali Utara.

GAMBAR LAUT :

Salah satu kebanggaan Kabupaten Morowali Utara adalah memiliki lautan yang teduh dengan Teluk Tolo dan Teluk Tomori, panorama Batu Payung yang indah sebagai salah satu objek wisata laut dan menyimpan keanekaragaman jenis kekayaan laut yang melimpah sebagai sumber komoditas unggulan dari sektor perikanan dan kelautan, serta pariwisata sebagai penunjang program pembangunan Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali Utara.
Kabupaten Morowali Utara juga merupakan Kota Pelabuhan Nasional.

GAMBAR BERWARNA HIJAU :
Mengartikan simbol kesuburan sumber daya alam dimana Kabupaten Morowali Utara merupakan Daerah yang sangat subur sehingga sektor pertanian dan perkebunan merupakan salah satu sektor primadona (sektor utama/unggulan) Pemerintah Kabupaten Morowali Utara dalam melaksanakan program pembangunan Daerah. 

GAMBAR BERWARNA KUNING :
Melambangkan kerja sama dan energi sosial (masyarakat produktif, pekerja keras/tidak berpangku tangan) dimana masyarakat Morowali Utara dituntut untuk berperan aktif dalam mendukung/mensukseskan program pembangunan Daerah dengan kerja nyata sesuai dengan kemampuan dan potensi yang dimiliki.

GAMBAR BINTANG BERWARNA KUNING EMAS :
Bintang mengartikan KeTuhanan, sedangkan warna Kuning Emas mengartikan Cahaya Kemuliaan sebagai harapan agar Kabupaten Morowali Utara akan senantiasa dilindungi dan diberkati oleh Tuhan Yang Maha Esa.


Untuk mendapatkan Logo Morowali Utara dalam ukuran pixel yang besar, silahkan DOWNLOAD DISINI

Posting Komentar